Ticker

6/recent/ticker-posts

Jaga Stabiltas Keamanan, Ops Damai Cartenz Gelar Dialog Kamtibmas Bersama Para Tokoh di Kab. Nduga


Kenyam – Bertempat di halaman Mapolres Nduga, Pejabata Utama Ops Damai Cartenz 2022 bersama prof Dr. Hermawan Sulistyo, MA., Phd. APU., menggelar komunikasi Kamtibmas bersama para Tokoh Adat, Masyarakat dan Agama guna menjalin silaturahmi dalam rangka menjaga situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Nduga, Rabu (24/5).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Ops Damai Cartenz 2022 diantaranya Kasatgas Binmas Kombes Pol Nanang Purnomo, SH., MH., Kasatgas Intel Kombes Pol Dulfi Muis, SH., S.IK., Kasatgas Humas Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH., Kasatgas Preventif Kombes Pol Jhony Afrizal Syafruddin, S.IK., SH., MH., Kasatgasres Nduga AKBP I Komang Budiartha, S.IK., prof. Dr. Hermawan Sulistyo, MA., Phd. APU., Kakesbangpol Kab. Nduga Didimus Rumwarin, SP., M.Si., dan para Tokoh Masyarakat, Adat serta Agama di Kabupaten Nduga.

Pejabat Utama Ops Damai Cartenz 2022 bersama Dr. Hermawan Sulistyo, MA., Phd. APU., melakukan dialog Kamtibmas dalam rangka menjalin silaturahhmi bersama para Tokoh di Kabupaten Nduga dalam program Komunikasi Tokoh Elit Kamtibmas (Koteka) guna meningkatkan peran para Tokoh dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bersama-sama dengan Polri, ungkap Kasatgas Humas Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal.

Dialog dibukan oleh prof. Dr. Hermawan Sulistyo, MA., Phd. APU., pada kesempatanya menerangkan dengan mengatakan Polri adalah bentuk kehadiran negara yang hadir untuk kepentingan masyarakat, guna melayani dan mengayomi masyarakat dalam memberikan rasa aman.

“Polri hadir untuk masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman, selain memberikan keamanan dengan melindungi dari segala macam gangguan kini Polri menghadirkan program kemanusian untuk mensejahterakan,” tuturnya.

Lanjut, ia menyampaikan dalam kehidupan bermasyarakat harus saling berdampingan dan menjunjung toleransi antar suku maupun budaya
untuk menciptakan keharmonisan serta mewujudkan Kamtibmas yang aman dan nyaman.

“Toleransi merupakan hal terpenting dalam kehidupan berdampingan yang harmonis, di Papua kita harus hidup berdampingan sehingga tercipta keamanan sebagaimana bagiharapan seluruh masyarakat,” terang prof. Dr. Hermawan Sulistyo, MA., Phd. APU.

Ops Damai Cartenz menghadirkan program kemanusiaan yang tergelar di beberapa wilayah, program yang digelar berorientasi pada bidang kesejahteraan, pendidikan dan sosial budaya dengan prioritas makyarakat lokal atau asli Papua, ditambahkan Kasatgas Binmas Kombes Pol Nanang Purnomo, SH., MH.

“Kini Polri hadir dengan pendekaatan kemanusiaan, dalam hal tersebut diperlukan dukungan dan kerja sama yang baik antara Polri bersama masyarakat untuk mewujudkan tujuan Ops Damai Cartenz yaitu memajukan masyarakat di Tanah Papua,” imbuh Kasatgas Binmas.

Kasatgas Humas Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal pada kesempatan tersebut menyampaikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tidak akan maksimal jika diemban sendiri, tentunya dalam hal ini peran para Tokoh sangatlah penting untuk menyampaikan pesan-pesan guna menjaga keamanan kepada masyarakat.

“Selain memberikan himbauan dan pesan-pesan agar memberikan informasi terutama tentang isu Kamtibmas yang berkembang ditengah masyarakat, para Tokoh juga mempunyai peran penting untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu,” ucapnya.

Lanjut, ia menerangkan keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tanggung jawab bersama, dalam hal ini komunikasi dan kerja sama yang baik antara seluruh pihak adalah kunci Kamtibmas yang aman dan kondusif di seluruh wilayah khusunya di Kabupaten Nduga.

“Dalam menjaga kemanan kita harus saling proaktif, yang terpenting adalah menjaga komunikasi sehingga terjalain kerja sama yang baik sehingga dapat mencegah munculnya segala permasalahan yang akan terjadi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol AM Kamal yang merupakan Kasatgas Humas menjelaskan pada zaman yang serba teknologi, kini tindak kejahatan bukan hanya terjadi di dunia nyata akan tetapi juga sering terjadi melalui dunia digital seperti pada media elektronik, media sosial ataupun media online, maka dari itu dirinya menghimbau agar para Tokoh juga dapat memberikan peran melalui media digital untuk meredam hal tersebut.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ruben M. Kalolik selaku Toloh adat yang merupa Kepala Suku Nduga mengutarakan dukungan terhadap langkah Ops Damai Cartenz dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Nduga dengan membangun komunikasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak, menurutnya keamana adalah tanggung jawab bersama.

“Kami mendukung langkah Ops Damai Cartenz 2022 dalam menjaga kemanan di Kabupaten Nduga, wilayah yang aman adalah dambaan kita bersama, kami selaku Tokoh siap untuk bekerja sama dalam membantu menjaga keamanan,” pungkas  Ruben M. Kalolik.

Kakesbangpol Kab. Nduga Didimus Rumwarin, SP., M.Si., juga mengapresiasi peran Polri untuk menghadirkan kedamaian dan mensejahterakan masyarakat, menurutnya Polri telah mendorong ekonomi masyarakat di Kab. Nduga melalui program-program Ops Damai Cartenz.

“Kesejahteraan dan kedamaian merupakan sauatu hal terdengar simpel tapi sulit untuk diwujudkan, namun Polri perlahan-lahan hadir dengan program kemanusian untuk mewujudkan hal tersebut,” beber Didimus Rumwarin selalu Kakesbangpol di Kab. Nduga.