Ticker

6/recent/ticker-posts

Binmas Noken Terus Dukung dan Lakukan Pengecekan Spot Peternakan Warga Binaannya

Oksibil - Dalam rangka meningkatkan kapasitas peternak melalui Program "KASUARI" (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri), Satgas Binmas Noken rutin lakukan kunjungan kepada warga binaan penerima bantuan bibit babi guna menunjang keberhasilan peningkatan peternakan, kali ini bertempat di Spot Peternakan milik Bapak Alowesus Uropkulin di Kampung Oksingsing, Distrik Kalomdol, Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (21/08).

Korwil Satgas Binmas Wilayah Pegunungan Bintang Iptu Jufri Rambu S.Sos mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu kegiatan rutin pihaknya yakni melakukan pengecekan dan pemantauan serta memberikan dukungan moril kepada warga binaan yang telah menerima bantuan berupa bibit ternak.

“Sebagai kegiatan rutin, kami lakukan pengecekan dan pemantauan untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan bibit ternak yang kami berikan,” ujarnya.

Selain itu, Iptu Jufri menyampaikan kepada Bapak Alowesus Uropkulin selaku warga binaan yang telah menerima bantuan bibit babi untuk meperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan ternak agar cepat berkembang biak dan cepat besar. 

“Kami ingatkan kepada Bapak Alowesusus Uropkulin untuk memeprhatikan kebersihan kandang, karena kebersihan kandang dapat mempengaruhi kesehatan ternak, kemudian pemberian pakan pada ternak, harus rutin dan selalu perhatikan makanan yang di berikan,” himbau Iptu Jufri.

Lanjut, Korwil juga menghimbau agar kotoran babi selalu dibersihkan dan di buang jauh dari pemukiman penduduk atau bisa juga dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman.

Diharapkan dengan adanya kunjungan rutin yang dilakukan oleh satgas binmas dapat memberikan semangat dan motivasi bagi warga binaan untuk terus menjaga dan memelihara ternak sehingga dapat dikembangbiakan untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat lainnya sesuai dengan program Kasuari.

Di tempat berbeda, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol. A.M. Kamal mengatakan melalui program KASUARI yang dilakukan oleh Satgas Ops Damai Cartenz ini diharapkan dapat memjadi solusi bagi masyarakat dalam meningkan perekonomian.

“Kami berharap melalui Program Kasuari ini bisa menjadi solusi dan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian terutama di bidang peternakan, perkebunan, maupun pertanian sehingga bisa menunjang kesejahteraan masyarakat Papua,” tandas Kasatgas Humas.