Ticker

6/recent/ticker-posts

Binmas Noken Gelar Trauma Healing Terhadap Korban Kebakaran di Pegunungan Bintang

 




Pegubin - Satgas Binmas Noken wilayah Pegunungan Bintang menggelar kegiatan Trauma Healing terhadap korban kebakaran pada Selasa dini hari. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Iptu Jufri Rambu bersama anggotanya di lokasi kebakaran, tepatnya di Jalan Kabiding Distrik Oksibil, Selasa (6/9/22).

kegiatan trauma hiling ini tidak hanya diberikan oleh warga yang sudah dewasa, namun juga dilakukan terhadap anak-anak korban. Pasalnya, dampak kebakaran yang terjadi pada Selesa dini hari tersebut, 4 ASN kehilangan tempat tinggal.

"Iya 4 keluarga kehilangan tempat tinggal. Diantaranya ASN yan menjadi korban diantaranya Jeni Siagian, Frengky Kowal, Akim Yogobi dan Arlov Fakdawer,"ungkap Iptu Jufri Rambu.

Lebih lanjut, pihaknya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berbicara mengenai perasaan dan pengalaman yang mereka alami terkait dengan musibah yang dialami melalui bercerita,  menggambar, menulis, dan melakukan permainan. 

"Kegiatan ini terlihat sederhana, namun mampu memfasilitasi anak untuk menyuarakan perasaan dan harapannya,"tegas Iptu Jufri Rambu.

Disisi lain, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal dikonfirmasi mengatakan kegiatan ini penting dilakukan agar meringankan beban para korban kebakaran.

Pihaknya juga menuturkan bahwa pihak yang paling rentan mengalami trauma akibat bencana seperti ini adalah anak dan remaja.  Hal ini disebabkan karena mereka belum memiliki kapasitas yang memadai dalam mengontrol emosi dan menyelesaikan masalah secara adaptif.

"Kita harus peka, mungkin tampak dari luar terlihat baik, tetapi belum tentu perasaannya,  pemberian pelayanan psikologis yang intensif  bagi korban bencana dapat mencegah timbulnya depresi dan meningkatkan ketahanan  sehingga kelak mereka menjadi lebih tangguh menghadapi masalah,"pungkas Kasatgas Humas.