Ticker

6/recent/ticker-posts

Binmas Noken Tumbuhkan Semangat Belajar Generasi Emas Papua



Kenyam -  Guna menumbuhkan rasa keingintahuan dan semangat belajar kepada Anak-anak di Kampung Lanny Nduga Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, personil Binmas Noken Polri melaksanakan Program Si Ipar (Polisi Pi Ajar) dengan media buku bergambar , ajak anak berimajinasi tentang bagaimana karakteristik Hewan Jerapah, Rabu (28/09/2022).


Dalam kegiatan tersebut, Satgas Binmas Ops Damai Cartenz menggunakan media buku bergambar yang penuh warna dan menarik. Pada saat itu Ipda Nus mengajak anak-anak untuk berimajinasi bagaimana karakteristik dan bagaimana kehidupan hewan Jerapah.  Dengan Metode ini, tampak raut wajah anak-anak di Kampung Lanny Nduga penuh rasa penasaran, serta lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan Si Ipar.


"Siapa yang tahu nama hewan dengan leher terpanjang di Dunia ?," Tanya Ipda Nus pada anak-anak.


Sontak suasana menjadi hening, anak-anak terlihat penasaran. Kemudian Jawaban mereka bersautan-suatan satu sama lain Ada yang jawab Ular, ada yang jawab gajah bahkan ada yang jawab kingkong.


"Salah semua.....Ini namanya Hewan Jerapah..., warnanya kuning dengan corak coklat di sekujur tubuhnya, hewan ini juga dikenal dengan Julukan Si Leher terpanjang Dunia ...., " Ipda Nus menjelaskan pada anak-anak sambil tersenyum.


Kemudian Pelajaran dilanjutkan dengan memperkenalkan karakteristik hewan jerapah dan siklus hidup hewan tersebut. Terlihat anak-anak sangat antusias dan tertarik dengan materi pelajaran yang diberikan Ipda Nus.


Selaku KBO Binmas Polres Nduga Ipda Nus setelah selesai kegiatan menjelaskan bahwa Program Si Ipar akan terus berinovasi dengan materi-materi dasar baik itu pengetahuan tentang alam, tumbuhan ,hewan-hewan dan pengetahuan lainnya. 


"Kami mengenalkan kepada anak-anak pengetahuan-pengetahuan yang beragam, yang bersifat ringan dan menarik bagi anak di usia mereka, diharapkan dengan memberikan materi seperti ini anak semakin penasaran dan berhasil menumbuhkan rasa ingin tahu mereka hingga menjadi selalu semangat belajar. Kedepannya materi akan terus berganti mungkin tentang tumbuh-tumbuhan, negara-negara, dan lain sebagainya,” jelas Ipda Nus


Pada akhir kegiatan Ipda Nus Mengajak anak-anak untuk sama-sama menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Pengajaran yang diberikan tetap mengutamakan kemampuan dasar anak dalam membaca, menulis dan berhitung. 


Di akhir kegiatan Bripda Teuku menyampaikan kepada anak-anak untuk selalu belajar agar cita-cita yang diinginkan bisa tercapai serta tak lupa mereka juga berdoa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. 


Sementara itu, ditempat yang berbeda Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H di konfirmasi mengungkapkan bahwa program Si Ipar (Polisi Pi Ajar) ini merupakan salah satu program unggulan Ops Damai Cartenz 2022 yang tujuannya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dan menanamkan jiwa nasionalisme sejak usia dini.