Ticker

6/recent/ticker-posts

Antusiasme Anak-Anak Jemaat GPDI Agape Saat Mengikuti Lomba Mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda




Sugapa - Satgas Binmas Ops Damai Cartenz wilayah Yahukimo gelar Lomba mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda dalam rangka Memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tanggal 28 Oktober 2022.


Kegiatan lomba baca Ikrar Sumpah Pemuda tersebut di inisiasi oleh Binmas Noken yang di pimpin oleh Ipda I Made Budi Dumariawan bersama anggotanya. Kegiatan lomba tersebut digelar di kompleks Gereja GPDI, diawali dengan Doa pembuka yang dipandu oleh Bripda Philipus Dion A. Augusta, Senin (24/10/22).


Saat dikonfirmasi, Ipda I Made Budi Dumariawan, A.md, S.H. selaku Korwil mengungkapkan, Peranan anak muda dalam perjalanan bangsa Indonesia memiliki peranan penting. Mulai dari kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, hingga kemerdekaan yang digagas oleh pemuda. Oleh sebab itu, anak-anak di Tanah Papua diharapkan mampu menjadi proklamator masa kini dan membawa Indonesia bangkit mengejar ketertinggalan.


"Digelarnya lomba baca teks Sumpah Pemuda bukan hanya untuk memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda namun juga  sekaligus sebagai pengetahuan para siswa-siswi yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), tentang sejarah perjuangan bangsa khususnya pemuda dan sebagai wawasan kebangsaan," ujar Ipda I Made Budi Dumariawan.


Selain itu, Dirinya juga mengharapkan dari lomba ini dapat membentuk karakter  yang baik bagi anak anak yang duduk di bangku Sekolah.


"Harapan kami melalui perlombaan ini akan membentuk karakter dan pribadi yang baik bagi para pelajar, dimana teks Sumpah Pemuda adalah ikrar para pemuda Indonesia 94 tahun yang lalu tepatnya pada 28 Oktober 1928 yang menyampingkan semua perbedaan dan bersumpah, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia,"kata dia.


Sementara itu ditempat terpisah Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, SH saat dikonfirmasi mengatakan lomba membaca teks Sumpah Pemuda ini adalah sebagai salah satu bentuk implementasi para siswa-siswi khususnya di wilayah Pedalaman Papia Untuk dapat terus meningkatkan semangat juang serta menumbuhkan rasa Nasionalisme terhadap NKRI.


"Lomba ini adalah kali pertama digelar untuk anak-anak dan tentunya menjadi warna tersendiri bagi para pelajar dan diharapkan dengan kegiatan positif ini banyak memberikan manfaat positif khususnya memberikan motivasi tinggi kepada anak-anak untuk semangat dalam memperjuangkan apa yang sudah di cita-citakan oleh para pendahulu mereka,"pungkas Kasatgas.