Ticker

6/recent/ticker-posts

Binmas Noken Yahukimo Bantu Warga Binaan Kelola Pakan Ternak dan Jaga Kebersihan Kandang



Dekai - Personel Binmas Noken Ops Damai Cartenz wilayah Yahukimo yang dipimpin Ipda I Made Budi Dumariawan, A.md, S.H turun langsung membantu warga binaan mengolah pakan dan membersihkan Spot Peternakan yang dikelola Isak Salak di Jalan Halmahera, Distrik Dekai, Rabu (12/10).


“Dimana secara bersama-sama anggota Binmas Noken dan Warga Binaan mengolah pakan ternak yang terdiri dari, daun ubi jalar yang dicampur beras dan konsentrat lalu dimasak. Setelah masak kemudian diberikan ke ternak babi,” ujar Ipda I Made.


Selain mengolah pakan, anggota Binmas Noken juga membantu membersihkan kandang ternak sekaligus memberi edukasi tentang perawatan ternak babi.


Isak Salak selaku warga binaan menyambut baik hal tersebut, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Binmas Noken. 


“Kami mendapatkan bantuan dari Ops Damai cartenz-2022 berupa 1 pasang bibit ternak babi pada bulan April. Setelah kami mendapatkan bantuan ini, saya mulai belajar dari Binmas Noken dan Menurut saya Program ini sangat menolong dan sangat baik,” kata Isak.


lebih lanjut dikatakan, awalnya dirinya hanya mengolah secara biasa, namun mendapatkan bantuan berupa mesin pencacah dari Binmas Noken, sehingga pekerjaan semakin mudah. Hal ini luar biasa.


“Setelah kami rawat dengan baik, sesuai dengan edukasi dari Binmas Noken, pertumbuhan ternak selama 6 bulan lebih cepat dari yang biasanya,” tambahnya.


Dirinya juga beranggapan bahwa kehadiran Binmas Noken sangat menolong masyarakat. Karena memberi bantuan ternak babi, yang mana untuk diketahui bahwa nilai babi di Papua, khususnya di Pegunungan cukup untuk menunjang perekonomian.


“Kami apresiasi Binmas Noken yang hadir dengan berbagai program dan juga berbagai bidang, ada peternakan, perikanan, dan pertanian. Saya juga sudah sampaikan ke masyarakat lain bahwa program ini tujuannya untuk membantu masyarakat,”


Diakhir kegiatan, Isak Salak berharap agar program Kasuari tetap berlanjut sehingga masyarakat lainnnya di Kabupaten Yahukimo dapat mengikuti cara berternak modern yang ia terapkan bersama binmas noken. 


Di sisi lain, Kepala Satuan Tugas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal, SH menyebut bahwa kegiatan yamg dilakukan personel di Yahukimo merupakan bentuk komitmen Binmas Noken dalam membantu warga binaan dalam penernakan babi, guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 


“Kegiatan tersebut merupakan salah satu penerapan dalam program Kasuari di sektor peternakan, (Selain sektor pertanian, perikanan dan perkebunan). Dimana masyarakat atau warga binaan berkolaborasi bersama Binmas Noken Ops Damai Cartenz dalam upaya mendongkrang roda perekonomian di tengah masyarakat melalui program Kasuari,” terang Kasatgas.