Ticker

6/recent/ticker-posts

Jalin Silaturahmi, Satgas Operasi Damai Cartenz 2022 Siap Bersinergi Dengan Insan Pers



Jayapura – Dalam rangka menciptakan situasi tetap kondusif di Papua, Satgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022 siap bersinergi dengan Insan Pers di Papua, baik dalam kegiatan maupun pemberitaan.


Kegiatan silahturahmi tersebut berlangsung di 58 Hauzz Resto & Convention Abepura, Jayapura, Rabu (28/9). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ka Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Muhammad Firman, S.I.K., M.Si., Kasatgas Humas Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S,H, Kasatgas Prefentif Kombes Pol Joni Afrizal S, S.I.K., S.H., M.H dan pejabat Ops Damai Cartenz.


Kasatgas Humas Kombes Kamal mengatakan, kegiatan silahturahmi yang dilakukan pihaknya bersama Insan Pers untuk bersinergi bersama dalam memberitakan kegiatan-kegiatan Polri serta dapat menangkal berita-berita hoax dan menginformasikan kepada masyarakat yang sebenarnya.


“Kami mengajak kepada teman-teman media baik itu dari media lokal, Nasional hingga mainstreem agar memberikan informasi positif melalui kegiatan humanis yang dilakukan Satgas Ops Damai Cartenz dalam menciptakan situasi di Papua tetap kondusif,” ucapnya.


Ia juga menyampaikan bahwa, Operasi Satgas Damai Cartenz kini sudah berada di Tahap dua, dimana untuk tahap pertama sudah dimulai sejak Januari Sampai Juni untuk 5 wilayah.


“Saat ini Operasi Damai Cartenz sudah masuk di tahap kedua. Dimana, untuk tahap pertama sudah dimulai sejak Januari sampai Juni untuk 5 wilayah dan di tahap kedua ada penambahan 4 wilayah baru sehingga menjadi 9 wilayah, ini mulai Juli sampai Desember tahun 2022. Alhamdulillah hingga saat situasi di 9 wilayah dalam keadaan aman dan kondusif,” ujarnya.


Di tempat yang sama, Ka Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Muhammad Firman menyampaikan bahwa peran media sangat penting untuk menyebarkan informasi-informasi positif kepada masyarakat dan tidak ikut menyebarkan berita hoax oleh oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab.


“Melihat situasi dan kondisi belakangan ini di wilayah Papua, diharapkan rekan-rekan wartawan menyampaikan bahwa Papua itu aman, Papua itu damai. Semua ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,” katanya.


Dikatakan Firman, untuk membuat Papua damai tentunya dengan menyentuh langsung masyarakat dengan berbagai program. Adapun program yang dilakukan pihaknya di Pedalaman Papua, yaitu program Pertanian, Pendidikan, Kesehatan dan Sosial.


“Warga di pedalaman yang tidak tersentuh oleh Pemerintah Kabupaten mendapat pelatihan yang dilakukan oleh Polisi, dimana warga diajari bagaimana bercocok tanam sehingga mereka bisa menikmati hasilnya, bahkan bisa dijual untuk menambah kebutuhan ekonomi,” terang Kombes Firman.


Menurutnya, di bidang kesehatan warga di pedalaman terutama di Pegunungan Tengah jarang tersentuh sehingga Polisi yang mempunyai fasilitas memadai bisa langsung turun ke kampung kampung.


Selain itu, kata Kombes Firman, Polisi mengajar di pedalaman juga terus dilakukan untuk menuntaskan pendidikan belajar bagi anak anak yang mempunyai hak belajar apalagi guru di pedalaman tidak ada.


“Untuk itu kami mengajak kepada rekan-rekan media untuk bersinergi dengan kami menyebarkan informasi agar orang diluar Papua tahu bahwa Papua itu aman dan damai, dengan cara menyebarkan informasi penanganan negara dalam dunia pertanian pendidikan bahkan kesehatan di pedalaman Papua,” pungkasnya.