Ticker

6/recent/ticker-posts

Kabar Gembira, Warga Binaan Binmas Noken Yahukimo Berhasil Kembangkan Ternak Babi



Yahukimo – Hal luar biasa terjadi, Kamis (27/10/22), di Spot Peternakan Babi milik salah satu warga Binaan Bapak Toni Maling, yang berada di Jalan Gunung, Distrik Dekai.


Hal luar biasa tersebut adalah berhasil berkembangnya dua ekor bibit ternak babi yang diberikan Binmas Noken kepada dirinya pada bulan Maret lalu, ternak tersebut melahirkan enam ekor anak, terdiri dari empat betina dan dua jantan.

“Saya mengucapkan syukur karena Polisi datang memperhatikan kami warga, dengan memberikan berkat berupa babi, dan saya sudah berhasil mengembangbiakannya, atas hal itu kami ucapkan terima kasih kepada Binmas Noken,” lanjutnya.


Toni, menyebut Program Kasuari ini sebagai program yang terbukti sangat bermanfaat, karena dirinya merasakan langsung hasilnya.

“Babi-babi ini akan saya lebih kembangkan sebagai usaha, sehingga nantinya dapat juga membantu masyarakat lainnya,” lanjutnya.


Perkembangan itu disaksikan langsung oleh Anggota Binmas Noken yang dipimpin IPDA I Made Budi Dumariawan.

“Hari ini kami berada di Spot Ternak Babi milik Bapak Toni Maling, dimana bibit babi yang kami (Binmas Noken) berikan telah berkembang, yang mana setelah disilangkawinkan dengan bibit lokal telah beranak 6 ekor,” ujar IPDA Made.


Saat ditanya soal yang akan dilakukan Binmas Noken setelahnya, ia menjawab bibit-bibit babi baru ini akan diberikan vaksin agar tumbuh sehat.

“Dalam pengembangbiakannya, babi ini harus dalam keadaan sehat, oleh karena kami akan berkolaborasi dengan Dinas Peternakan untuk melakukan vaksinasi terhadap anakan babi ini,” kata Korwil Satgas Binmas Yahukimo.


Di tempat terpisah Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2022 Kombes Drs. Pol Ahmad Mustofa Kamal, S.H., membenarkan hal tersebut dan mengatakan Binmas Noken akan terus melakukan pendampingan agar hasilnya benar-benar optimal dan bermanfaat.

“Ini merupakan kabar gembira, Program Kasuari Ops Damai Cartenz-2022 yang dilakukan ini terbukti nyata memberikan dampak positif bagi masyarakat," ungkap Kasatgas.


“Harapannya melalui ini dapat mensejahterakan dan mendongkrak ekonomi masyarakat, yang artinya dari enam ekor ini dapat berkembang lebih banyak lagi,” pungkas Kombes Kamal.