Ticker

6/recent/ticker-posts

Polri Peduli, Satgas Preventif Yahukimo Latih Masyarakat Cara Bercocok Tanam



Yahukimo – Kepedulian Polri terhadap masyarakat semakin terlihat nyata, dan bukti nyata itu ada di Yahukimo, dimana Anggota Satgas Preventif Ops Damai Cartenz-2022 membantu meningkatkan keterampilan warga dalam berkebun sayur.


Tepatnya, di Pos Pertanian, Jalan Paradiso, Distrik Dekai, warga sekitar, diajari cara menanam sayur, seperti cabai, terong, kangkong, kacang panjang serta cara perawatannya yang baik dan benar, Kamis (13/10/2022).


Secara telaten, IPDA Zaenal memberi edukasi pelatihan cara berkebun sayur. 


Warga antusias dan senang dengan hal ini, tampak setelah diberi edukasi mereka langsung mempraktekkannya cara menyuburkan sayuran dengan menyemprot pupuk.


IPDA Zaenal mengatakan apa yang dilakukan Satgas Preventif adalah bentuk kepedulian, agar masyarakat sekitar dapat memanfaatkan sumber daya alam sebagai sumber pendapatan dan ketahanan pangan.

“Kami beri pembelajaran cara berkebun yang baik dan benar kepada masyarakat, agar mereka dapat berkembang, dan tanaman yang dijadikan sumber pangan sehari-hari lebih variatif, tidak hanya ketela pohon, atau ubi,” ungkapnya.


“Untuk masyarakat yang kami beri pelatihan sebanyak 10 orang, seluruhnya asli orang Papua,” lanjutnya.


Saat ditanya apakah ada warga yang berhasil setelah diberi pelatihan ini, ia menjawab banyak, bahkan hasil dari berkebun mereka sebagian diberikan kepada Satgas Preventif di Pos Pertanian dan sebagiannya dijual untuk pendapatan harian mereka.

“Kemampuan masyarakat sangat hebat, saat kami beri pelatihan, tidak memakan waktu lama, cepat mengerti dan langsung mempraktekannya,” Kata IPDA Zaenal


Ia pun berharap melalui ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari bidang pertanian.

“Harapannya semoga situasi di Yahukimo, semoga aktivitas para petani (masyarakat) lancar, hasilnya memuaskan, meningkatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan semoga kerjasama ini dapat bermanfaat untuk dikembangkan kedepannya,” pungkasnya.


Di tempat berbeda, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2022 Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengapresiasi yang telah dilakukan oleh Satgas Preventif Yahukimo dalam membantu meningkatkan kualitas SDM di Papua.

“Ini adalah hal yang luar biasa, selain memberi keamanan bagi warga, Satgas Preventif Yahukimo pun turut hadir membantu mendongkrak perekonomian lewat Latihan berkebun ini,” ujar Kasatgas.


“Ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian Polri terhadap masyarakat Papua,” tutup Kombes Kamal.