Ticker

6/recent/ticker-posts

Sat Samapta Polres Nduga Gelar Latihan Pengendalian Massa




Sat Samapta Polres Nduga jajaran Polda Papua menggelar kegiatan latihan Pengendalian Massa (Dalmas)   di jalan Poros Kenyam, Sabtu (8/10/2022).


Kasat Samapta Polres Nduga Ipda Syafri Patenrengi dalam kesempatannya menyampaikan, kegiatan Dalmas ini dilaksanakan guna memelihara kemampuan setiap personel Sat Samapta Polres Nduga sekaligus meningkatkan skill individu dan ikatan pleton agar lebih mahir serta terampil dalam kemampuan mengendalikan massa.


"Dalam kegiatan latihan ini, anggota di berikan materi latihan Dalmas berupa materi meliputi teori dril sikap pokok, dril tongkat samping, dril tangan kiri tameng, dril letakkan perlengkapan, dril sikap siaga, dril desak maju dan dril dorong maju,  Aplikasi, Formasi bersaf dan Formasi berlindung, selain itu diberikan juga latihan mempergunakan Tameng Desak, Tongkat Lecut/rotan,  pakaian pelindung secara cepat dan praktis. Latihan pengendalian massa ini dilaksanakan teratur sehingga personel Sat Samapta selalu siap apabila menghadapi situasi yang urgen dan mampu mengaplikasikan di lapangan," ujar Ipda Syafri.


Dalam kesempatan yang sama Kapolres Nduga, AKBP Rio Alexander Panelewen, SIK mengatakan, latihan pengendalian massa merupakan upaya peningkatan kualitas keterampilan personel Samapta ketika menjalankan tugas Dalmas di lapangan. 


"Hari ini kita adakan latihan pengendalian massa. Selain itu Polres Nduga baru saja mendapatkan penambahan personil Bintara remaja sebanyak 15 personil, maka diharapkan latihan ini dapat mengulas kembali materi yang mereka terima selama di pendidikan dan meningkatkan kemampuan personil Polres Nduga mengingat banyaknya tantangan tugas beberapa tahun kedepan diantaranya seperti pilkada serentak 2024 dan berbagai isu -isu nasional yang apabila terjadi unjuk rasa memerlukan personil Dalmas," ungkap Kapolres. 


Menurutnya, personel Samapta dituntut mengetahui dan memahami tahapan dalam pengendalian massa di lapangan seperti mulai dari, dalmas awal, dalmas lanjut, lapis ganti, lintas ganti, negosiator dan penanggulangan huru hara (PHH).


Dikatakan, tugas Sat Samapta sebagai garda terdepan dalam bidang tugas kepolisian yang harus selalu siap tidaklah mudah, tidak jarang dalam menjalankan tugas terjadi hambatan-hambatan berupa gangguan kelancaran, ketertiban, keamanan terhadap tugas yang diembannya.