Ticker

6/recent/ticker-posts

Acara Pesta Bakar Batu di Kampung Kutdol, Jadi Moment Kedekatan Polri dengan Masyarakat Papua

 




Pegubin – Polri melalui Binmas Noken Ops Damai Cartenz menggelar acara adat bakar batu bersama masyarakat Kampung Kutdol Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Selasa (15/11/22).


Pelaksanaan bakar batu yang dipimpin langsung Wakasatgas Binmas Kombes Polisi Yamin Dian Priono, S.I.K., M.H tersebut merupakan bagian dari pendekatan yang dilakukan Polri kepada masyarakat, khususnya di Provinsi Papua.


Setibanya di Lokasi, Wakasatgas Binmas Noken langsung menyerahkan 4 ekor Babi yang akan dipergunakan dalam acara bakar batu dan memberikan kata sambutan.


Kombes Polisi Yamin Dian Priono, S.I.K., M.H  saat memberikan arahan mengucapkan terimaksih kepada Kepala Distrik Kepala Kampung dan Masyarakat Kampung Kutdol atas dukunganya hingga terselenggaranya kegiatan adat bakar batu tersebut.


Dirinya mengatakan kegiatan ini adalah sebuah momentum yang sangat luar biasa di Kota Oksibil karena kita bakar batu 2 tempat yang berbeda yaitu di Gereja GIDI Sion dan di tempat ini Kampung Kutdol dalam waktu yang bersamaan. 


Ia juga mengatakan kegiatan bakar batu ini merupakan untuk berdoa bersama, untuk keselamatan kita bersama, dan ada juga saudara kita yang saat ini berada di gereja GIDI sion oksibil yang akan berencana kembali ke kampungnya di distrik kowirok. 


"Oleh karena itu kami melalui kepala distrik oksibil kami menyerahkan kurang lebih 8 ekor babi yang akan kami serahkan sebanyak 4 ekor di kemapung kutdol dan 4 ekor di gereja Gidi Sion oksibil untuk di pergunakan dalam acara bakar batu,"ucap Wakasatgas Binmas.


Selain itu, Wakasatgas Binmas mengucapkan permintaan maaf karena cuaca yang kurang bagus pengiriman 8 ekor babi ini mengalami keterlambatan, yang seharusnya sampai disini pada pagi hari. Selanjutnya, Wakastgas Binmas juga meminta seluruh masyarakat kampung Kutdol ikut berpartisipasi menjaga kamtibmas.


"Kami berharap kepada seluruh warga masyarakat kampung kutdol, diatrik Oksibil untuk sama-sama bekerja menjaga dengan aparat keamanan untuk menjaga situasi kamtibmas selalu aman dan kodusif,"sebut Wakasatgas Binmas.


Dilokasi yang sama, Kepala Distrik Oksibil Karel Kasipmabin mengungkapkan rasa terimakasih kepada wakasatgas Binmas yang sudah hadir dalam kegiatan ini. Pihaknya mengatakan mewakili masyarakat sangat mendukung program kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah.


"Saya pribadi sangat bersyukur karna dalam tahun ini antara masyarakat TNI-POLRI dan masyarakat sudah berjalan dengan baik dan itu sangat luarbiasa bagi kami,"jelasnya.


Selanjutnya, mewakili masyarakat dirinya mengucapkan terimakasih dan berdoa, semoga aparat kaamanan yang bertugas mendapatkan perlindungan dari tuhan yang maha kuasa.


"Kita berharap, hubungan baik ini bisa terus terjaga dan kami masyarakat bisa merasakan aman dan nyaman dalam menjalankan kegiatan kami sehari-hari,"tegas Karel.


Untuk diketahui, kegiatan acara bakar batu ini di ikuti oleh 4 kampung. Selain Kepala Kampung Kutdol, hadir dalam kegiatan tersebut kepala kampung Banumdol, Kepala Kampung Polsam dan Kepala kampung Molbib.


Disela-sela proses bakar batu yang diikuti sebanyak 100 orang itu, personel juga turut mengajak anak-anak yang berada di lokasi kegiatan untuk bermain dan bernyanyi. Hal itu tentunya dapat menggambarkan sosok Polisi yang humanis dan dicintai masyarakat terlebih anak-anak.