Ticker

6/recent/ticker-posts

Ali Kabiay Beri Ucapan Selamat Atas Pelatikan 3 Pj Gubernur DOB Papua


Jayapura- Ketua Pemuda Adat wilayah Saireri II Nabire Ali Kabiay mengucapakan selamat atas pengangkatan dan pelantikan penjabat gubernur DOB Papua berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/P/2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur. Jumat/11/11/22.


Kata Ali kabiay, Hari ini, Jumat, tanggal 11 November 2022, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, dan Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta.


“Dengan pelatikan ketiga Penjabat Gubernur DOB Papua ini, sudah tentunya telah melalui berbagai tahapan-tahapan proses penyaringan calon Gubernur DOB papua yang sangat ketat dan keputusan pemerintah untuk melantik ke tiga putra-putri terbaik papua itu merupakan keputusan yang sangat tepat.”, ungkap Ali Kabiay.


Di sisi lain Ali Kabiay juga menambahkan bahwa ketiga PJ Gubernur yang sudah dipercayakan oleh Negara harus bekerja maksimal dan tidak terpengaruh rayuan atau bujukkan dari beberapa Partai Politik, sebab ali menilai ada beberapa partai politik yang coba bermanuver untuk mendekati ketiga  PJ Gubernur di tiga provinsi baru untuk bersaing di Pilpres dan Pilkada di tahun 2024. 


"Saya minta ketiga PJ Gubernur dapat bekerja maksimal untuk membentuk , dan membangun sistem di tiga provinsi baru baik Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua pegunungan dan harus meneghindari bujuk rayu dari beberapa partai politik yang ingin menang di 2024 baik itu di Pilpres atau di pilkada daerah provinsi Kabupaten dan kota, PJ Gubernur harus netral karena menurut informasi yang saya dapat ada partai politik yang ingin mendekati para PJ Gubernur untuk bersaing di 2024, " ungkap Ali Kabiay


Lanjutnya, Ali Kabiay menghimbau kepada seluruh masyarakat papua untuk bersama-bersama mendukung ke tiga gubernur DOB papua yang baru saja dilantik untuk menjalankan tugas dan Amanah negara demi mensejahterahkan masyarakat di bumi cenderawasih tercinta ini.


Sebelumnya, Pemerintah resmi memekarkan Papua menjadi tiga provinsi, yaitu Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan, setelah DPR mengesahkan tiga rancangan undang-undang (RUU) DOB Papua pada 30 Juni 2022. Selanjutnya, RUU tersebut disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 Juli 2022.


Berdasarkan UU pembentukan masing-masing provinsi baru itu, para penjabat gubernur akan mengemban sejumlah tugas, yakni menyelenggarakan pemerintahan daerah serta membentuk dan mengisi perangkat daerah sesuai ketentuan UU.