Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikan Pendampingan, Warga Binaan Binmas Noken di Mimika Sukses Panen Cabai


Mimika – Personel Binmas Noken wilayah Mimika Aipda Sonny bersama Briptu Nixon Meuhe mengunjungi spot pertanian milik Etinus Wenda di Sp7, Kabupaten Mimika, hal itu dilakukan lantaran warga binannya sukses memanen cabai, Selasa (1/11) siang.


Etinus Wensa yang merupakan warga binaan Binmas Noken diketahui sudah mampu bertani mandiri dengan menanam cabai yang mana telah dilatih dan dibina sebelumnya.


Untuk diketahui, tanah yang dimikinya sekarang telah ditanami cabai, pisang hingga buah-buahan. Kemandirian juga terlihat dari proses pembuatan bibit yang kini telah dibuat sendiri serta penggunaan pupuk kompos untuk menggantikan pupuk pabrik yang harganya cukup mahal.


Saat ditemui, dirinya bercerita bahwa aktivitas di bidang pertaninan seperti ini sangat membantu mendongkrang perekonomian ia dan keluarga.


“Panen pertama saya dapat 3 kg cabai, dimana harga cabai sekarang mencapai seratus ribu per kilo. Pada panen kedua ini, saya berhasil dapat 5 kg, jadi lumayan dapat lima ratus,” katanya saat diwawancari.


Sebagai warga binaan yang rutin diberikan pendampingan, dirinya berterimakasih kepada Binmas Noken karena telah banyak membantunya sehingga dapat mengelola lahan yang awalnya kosong menjadi spot pertanian.


“Saya biasa menanan bibit cabe, pisang itu dari bantuan bapak Kapolres dan Binmas Noken, lalu panen dan berhasil menjualnya, sehingga saya dan anak-anak dapat menikmati hasilnya,” tambah Utinus.


Lebih lanjut, dirinya juga bahkan mengatakan mau terus belajar menanam dan berharap dapat terus diberikan bantuan dan pendampingan oleh Binmas Noken.