Ticker

6/recent/ticker-posts

Polisi Pi Ajar di Nduga, Berikan Pelajaran Wawasan Nusantara pada Anak Usia Dini


Kenyam - Melalui program Polisi Pi Ajar( Polisi Mengajar) Personil Kepolisian yang tergabung dalam Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz berikan pengajaran tentang wawasan Nusantara pada anak-anak usia dini yang tinggal di sekitar kampung Gulama, Kabupaten Nduga, Minggu (13/11/2022).


Sadar akan pentingnya pemahaman tentang Wawasan Nusantara pada generasi penerus bangsa menjadi alasan utama Binmas Noken Nduga memberikan pelajaran ini.


"Wawasan nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya. Membangun rasa bela negara dan rasa memiliki negara pada diri setiap Anak-anak, ketika mereka sudah memikiki rasa itu maka rasa bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia akan tumbuh dengan sendirinya," hal ini diungkapkan oleh Korwil Binmas Noken Ipda Murtono.


Pada saat itu Bripda Teuku dengan alat bantu Peta Indonesia mengenalkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Mengenalkan 5 Pulau Besar yang ada di NKRI melalui Peta Indonesia, Mengenalkan berbagai budaya yang ada di Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, Mengenalkan tempat-tempat istimewa yang berada di masing-masing provinsi yang ada di Indonesia melalui Peta. 


Dari pelajaran yang diberikan anak-anak sangat antusias, ini terlihat dari banyaknya anak-anak yang bertanya tentang hal-hal diluar Pulau Papua. Tidak hanya anak-anak, para orangtua yang juga turut hadir terlihat memperhatikan dengan serius pelajaran yang diberikan Binmas Noken.


Ipda Murtono berharap dengan diberikannya pelajaran ini tidak hanya menumbuhkan semangat cintah tanah air namun juga menumbuhkan semangat anak-anak untuk menimba ilmu hingga diluar tanah Papua. Dan menjadi motivasi bagi orangtua untuk mendukung anak-anak untuk terus bersekolah.


"Harapan kami, ini dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam diri mereka, selain itu memotivasi anak-anak untuk bersekolah setinggi mungkin diluar Papua. Juga dapat menjadi semangat motivasi bagi orang tua untuk terus mendukung anak-anak dalam bersekolah," ucap Ipda Murtono.


Sementara itu Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan bahwa Program Polisi Pi Ajar tidak hanya memberikan materi pelajaran membaca dan berhitung, ini juga menjadi sarana pembentukan jiwa nasionalisme,  tiap anak-anak. Seperti pada kegiatan Binmas Noken nduga hari ini.


" Selain memberikan pelajaran dasar membaca dan berhitung, Wawasan Nusantara juga menjadi materi pelajaran yang diberikan Binmas Noken dalam Programnya Polisi Pi Ajar. Dengan pemahamanwawasan nusantara, anak-anak akan memiliki pandangan terhadap bangsanya. Anak akan lebih merasa bangga akan bangsa dan negaranya. Kemudian itu akan menumbuhkan rasa bela dan cinta tanah air, Dengan banyaknya anak yang memiliki sikap bela negara,diharapkan akan tercipta generasi-generasi penerus bangsa yang akan membangun peradaban baru Bangsa Indonesia," pungkas Kasatgas Humas.