Ticker

6/recent/ticker-posts

Tanda Kedamaian, Ops Damai Cartenz Bersama Warga Puncak Gelar Upacara Bakar Batu Di Kampung Kago


Ilaga – Operasi Damai Cartenz melalui Satgas Binmas Noken menggelar acara bakar batu bersama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta warga di komplek Yesimarsei Kampung Kago Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. 


Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, S. Sos mengatakan upacara bakar batu ini sebagai penanda bahwa situasi di seluruh wilayah Puncak, aman dan damai.


“Operasi Damai Cartenz adalah satuan tugas yang dibentuk oleh Pemerintah melalui Polri dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya di Distrik Ilaga. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul bersama merayakan acara bakar batu sebagai bukti kebersamaan serta keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan ditengah masyarakat,” ungkap Kapolres di lokasi, Jumat (25/11/22).


Lebih lanjut dikatakan, tahun lalu Binmas Noken juga telah membantu masyarakat setempat dalam peningkatan sektor peternakan berupa pemberian dua ekor bibit hewan babi yang kini telah berhasil dikembangbiakan sehingga hasilnya dapat dirasakan langsung oleh keluarga dan warga sekitar.


“Biarlah momen yang baik ini menjadi suatu tanda komitmen bahwa kita semua adalah satu atau bersaudara, mari jaga wilayah ini dan kita bangun Papua yang damai dan maju dengan saling mengasihi,” tambahnya.


Ditempat yang sama, Korwil Binmas Wilayah Puncak Ipda Yan Amos Wambraw, S. Sos juga menyampaikan bahwa upacara bakar batu ini merupakan simbol kesederhanaan masyarakat Papua. Menggambarkan adanya persamaan hak, keadilan, kebersamaan, kekompakan, kejujuran, dan ketulusan, serta keikhlasan yang membawa pada perdamaian. 


“Kegiatan ini merupakan wujud permintaan dari warga Kampung Kago di bawah pimpinan Bapak Yan Alom dan juga bentuk implementasi daripada program Komunikasi Tokoh Elite pengendali Kamtibmas (Koteka) yang menjadi wadah bagi Polri melalui Binmas Noken dalam membangun keharmonisan serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat yang ada di Kampung Bintang Lima,” ucap Ipda Yan.


Tak hanya Koteka, Ipda Yan A Wambraw, S.Sos juga mengungkapkan bahwa Binmas Noken secara masif menggelar berbagai program diantarannya Kesejahteraan Untuk Anak Negeri (Kasuari), Kesehatan Lambang Diri Sehat-Guna (Keladi Sagu) serta Polisi Pergi Mengajar atau yang akrab disapa Si-ipar di berbagai wilayah yang ada di Papua.


Dilokasi, hadir juga Kasat Binmas Polres Puncak Iptu Yonias Purwanto, yang menyaksikan langsung prosesi Bakar Batu. Satgas Binmas bersama masyarakat kaum laki-laki menyalakan api dan memanaskan batu. Kemudian menyiapkan daging 4 ekor Babi untuk dimasak. Sedangkan para mama-mama terlihat sibuk membersihkan sayur-sayuran, keladi dan umbi-umbian.


Batu yang dibakar dipastikan dahulu benar-benar membara. Kemudian bagian atasnya di tumpuk makanan dan daging. Setelah semuanya matang, masyarakat memulai ritualnya. Makanan dan Babi -babi dibawa ke lokasi ritual. Masyarakat kemudian mengolah dan menghidangkan untuk para tamu.


Diakhir kegiatan, Korwil Binmas Wil. Puncak didampingi Kasat Binmas turut memberikan bantuan sosial dan Alkitab secara simbolis yang diterima langsung oleh Kepala Suku Distrik Gome Bapak Yan Alom, Pendeta Menaser Labene dan Pendeta Teis Wonda sebagai bentuk kebersamaan Polri dan masyarakat yang sudah terjalin baik selama ini.